Friday, December 28, 2012

FUKUBUKURO/ HAPPY BAG/ LUCKY BAG 2013~ PART 1- STRAPYA-WORLD!


Yo minna! Pa kabar? (^0^)/

Tidak terasa berapa hari lagi kita akan menyambut tahun baru 2013! Ngomong-ngomong soal tahun baru, kali ini mau ngebahas mengenai Fukubukuro/ Happy Bag/ Lucky Bag/ Mystery Bag  karena beberapa minggu lalu saia beli Fukubukuro secara online,hehe. Kenapa saia tertarik dengan Fukubukuro?? Let’s Cekibrot..

Fukubukuro atau sering disebut lucky bag (kantong keberuntungan)/ mystery bag (kantorng misteri)/ happy bag merupakan suatu tradisi di Jepang menjelang tahun baru, dimana para penjual/ pedagang memasukkan barang-barang yang dijual di toko kedalam sebuah tas yang kemudian dijual dengan diskon besar-besaran. Barang-barang tersebut biasanya berupa pakaian, tas, sepatu, atau makanan yang mana harga aslinya lebih mahal (2- 3 kali lipat) dari harga Fukubukuro. Dalam satu bag Fukubukuro berisi beberapa macam jenis barang, contoh untuk fukubukuro fashion misalnya, bisa berisi tops (atasan), coat (mantel) & bawahan (bottom) yang dijual dengan diskon besar. Barang-barang yang dijual dalam Fukubukuro adalah random, jadi pembeli tidak bisa melihat atau memilih barang yang diinginkan (seperti sebuah kejutan saat membuka hadiah ^^). Fukubukuro sendiri berasal dari kata "Fuku" (nasib baik/ keberuntungan) & "Fukuro" (bag). Perubahan Fukuro menjadi Bukuro adalah fenomena yang dikenal sebagai rendaku. Untuk mengetahui lebih jelas apa itu rendaku bisa di cek di (http://en.wikipedia.org/wiki/Rendaku) & bila ingin lebih tau mengenai Fukubukuro bisa di cek di mbah google http://en.wikipedia.org/wiki/Fukubukuro (^.^)/  

Kebanyakan Fukubukuro dijual langsung di Toko, namun ada beberapa onlineshop yang juga menjual Fukubukuro, seperti fashion Jepang Cecil McBee (http://www.cecilmcbee.net/) ; Liz Lisa (http://lizlisa.jp/) ; Ank Rouge (http://ankrouge.jp/) ; atau pernak-pernik hp (www.strapya-world.com) , dan lain-lain. 


Beberapa minggu yang lalu saia membeli Fukubukuro Lucky bag 2013 di strapya-world (www.strapya-world.com). Website ini menjual bebagai pernak-pernik handphone yang unik & lucu2. Ternyata strapya-world juga menjual Fukubukuro, yeay! \(^o^)/ Fukubukuro 2013 strapya-world berisi 15 item yang dijual seharga 3,150 JPY (38.40 USD), dari harga item yang sebenarnya kalau ditotal sebesar  10,429 JPY (127.00 USD), jadi kira2 diskon 70% OFF! Harga tersebut diluar ongkir webshipping (karena beli online, jadi ada ongkos kirimnya).  Setelah dibuka isinya banyak banget, hehe:


(Fukubukuro Lucky Bag 2013 from Strapya-world)


(Mickey mania! Kiri: speaker mickey; kanan: gantungan lampu Mickey)
Meow! electric kitten Paw key chain (kalau dipencet paw nya yg warna pink bisa bunyi "nyaw..nyaw" haha~
(Phone straps)

(Key chains & stickers)
(One piece key chain; ID card holder)
(Phone strap~ ga tau karakter siapa ini, haha~)



 Fukubukuro memang sistem marketing yang unik dari Jepang! (^o^)b

2 comments:

ecchan said...

oh.. itu sepertinya karakternyat dachou club degh :D ah iya! itu dachou club ^^ *abis baca katakana-nya*

btw salam kenal :D

Choco-Melt said...

Oooh..Dachou club, haha sankyuu~ baru googling liat Dachou club XD yow! salam kenal ecchan (^o^)/