Friday, April 26, 2013

“OMAMORI” ~ JAPANESE GOOD LUCK CHARM


O-HAAA Minna-san! (^o^)/  yow, ogenkidesuka

Hemmm..kali ini saia ingin nge-post tentang Omamori, atau yang lebih dikenal sebagai goodluck charm dari Jepang. Sebenarnya di postingan saia terdahulu sudah pernah membahas Omamori juga, namun tidak apa sekedar me-review kembali,hehe

Omamori merupakan amulet/charm/jimat yang biasanya banyak terdapat di kuil-kuil di Jepang. Omamori yang berarti “to protect” (melindungi) terdapat dalam berbagai jenis, misal omamori untuk keselamatan dijalan, percintaan, kesehatan, sekolah (lulus ujian), dan lain-lain. Bentuk dari omamori sendiri bermacam-macam. Bentuk secara umum atau yang paling sering dilihat adalah seperti kantong kecil berbahan kain yang dihiasi ukiran/ hiasan yang cantik. Selain omamori yang berbentuk kantung kecil, terdapat pula bentuk yang lain seperti garukan pasir/garpu tanah, topeng oni (setan), topeng karasu tengu, pillbox, pengki, dan masih banyak lagi. Ciri khas Omamori biasanya terdapat lonceng kecil yang menggantung. Selain lonceng, ada pula hiasan lain seperti bentuk kepingan emas & koin 5 yen (5 yen coin).  Di Jepang, koin 5 yen dianggap sebagai koin keberuntungan. Hal ini didasarkan pada pengucapan bahasa Jepang yang terdengar seperti pernyataan untuk keberuntungan. 5 yen dalam bahasa Jepang adalah “go-en” go= angka 5 & en= yen, namun “go-en juga bisa berarti keberuntungan.
Pada koin 5 yen terdapat tiga gambar yang mewakili kehutanan (forestry), perikanan (fisheries), dan pertanian (agriculture). Ketiga gambar/simbol tersebut merupakan sector utama perekonomian Jepang.



(5 yen coin)


Kembali lagi ke Omamori, minggu kemarin saia memesan omamori dengan owner onlineshop langganan saia. Kebetulan si owner olnlineshop akan ke Jepang & memberitahukan bahwa customer bisa memesan dengan kurs 150 yen. Saia memesan berapa Omamori yang unik & jarang saia lihat, bentuknya ada bermacam-macam



(Omamori 01)



(Omamori 02-pouch)


(Omamori 03- pillbox)


(Omamori 04)




(Omamori 05- Oni "demon" )




(Omamori 05- Oni "demon"-detail)
Yang saia suka dari Omamori adalah karena bentuknya yang lucu &unik, bukan masalah isi atau maksud dari Omamori , karena hal tersebut merupakan kepercayaan orang Jepang :)

*Pengen omamori yang bentuk topeng "Karasu Tengu" (T__T)












3 comments:

Anonymous said...

cute :)

Choco-Melt said...

Thank you Emily-san :)

gita dwi said...

Online shop omamori indonesia apa ya nama shop nya ?? makasih 😄