Monday, June 9, 2014

JAPAN TRIP~ PART 1- JAPAN VISA



Ohaaa Mina-san!! Ogenkidesuka (^o^)/

Mina-san! kali ini saya ingin menulis tentang pengalaman saya trip ke Jepang, yaa Jepang!! Yeay! ^^ akhirnya... ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan! *Happy* T__T
Saya ingin berbagi pengalaman tentang trip saya ke Jepang bersama suami dan kedua teman yang juga pasangan suami istri. Pada awalnya setelah kami berempat pulang dari trip ke Bangkok, kami berencana untuk melakukan trip selanjutnya dan terpikir saat itu adalah... Jepang!

*PENGALAMAN MENGAJUKAN VISA JEPANG*

Hmm, sempet ragu juga apakah bisa ke Jepang atau tidak karena yang saya dengar pengajuan visa ke Jepang cukup sulit. Untuk pergi ke Jepang yang pasti kita membutuhkan paspor & Visa, namun saya pernah mendengar harus ada tabungan minimal?? Kemudian saya mencari informasi tentang pembuatan visa dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk trip ke Jepang. Setela saya membaca informasi visa di website Kedutaan Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/) ternyata persyaratannya tidak begitu sulit, hanya memerlukan beberapa berkas/dokumen untuk administrasinya dan tidak ada minimal jumlah tabungan.

Pada website Kedubes Jepang terdapat beberapa jenis visa dan karena kami ke Jepang adalah dalam rangka kunjungan wisata, maka saya memilih jenis visa kunjungan sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri. Dalam hal pengajuan visa ini harus diperhatikan urusan kedatangan kita ke Jepang. Apabila kita ke Jepang karena diundang oleh teman atau kita menginap di tempat teman, maka ada khusus pengajuan visa kunjungan sementara untuk kunjungan teman dan beberapa persyaratan dari visa tersebut akan berbeda dengan pengajuan visa dalam rangka wisata, mohon hal tersebut diperhatikan baik-baik.
Oh ya, satu hal lagi yang penting & perlu diingat bahwa pengajuan visa harus sesuai dengan wilayah yuridikasi masing-masing. Info dapat dilihat di http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html 

Berikut adalah persyaratan pengajuan visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri (http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html):

Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa Jepang:

A. Paspor
-          Kita membutuhkan paspor untuk masuk ke suatu negara. Paspor bisa dibuat di kantor-kantor imigrasi.

B. Formulir permohonan visa (formulir ini bisa didownload di website kedubes Jepang) dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 x 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)

-          Untuk pasfoto, saya sarankan foto di studio foto, karena biasanya studio foto sudah paham betul ukuran 4,5 x 4,5 cm adalah pasfoto untuk pengajuan visa ke Jepang. Tanpa latar dalam artian backgroundnya berwarna putih.
 
Contoh pengisian Formulir permohonan Visa

(Formulir Permohonan  Visa Jepang)

      > Contoh formulir permohonan Visa diatas adalah milik saya, karena alasan tertentu ada beberapa bagian yang disensor, mohon maklum ^^
      > Apabila memang tidak ada jawabannya ditulis saja "NONE"  misal saya tidak punya surname/ marga, jadi saya tulis "NONE"


             C. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
-          Untuk alamat di KTP harus sama dengan alamat di paspor, apabila ada perpindahan alamat & tidak sama dengan alamat paspor sebaiknya dilakukan mutasi alamat pada paspor, karena hal tersebut dapat dipermasalahkan saat kita akan mengajukan visa di kedubes Jepang. 

-          Karena alamat KTP saya berbeda dengan alamat saat mengajukan paspor, saya kemudian mencari informasi bagaimana cara melakukan mutasi alamat paspor. Cukup sulit mencari informasi tersebut di google, karena ternyata tidak banyak yang memposting informasi semacam itu. Dengan berbekal informasi yang minim tentang mutasi alamat paspor, saya kemudian pergi ke kantor imigrasi Jakarta Timur, tempat saya membuat paspor. Saat disana, petugas memberitahukan hal yang cukup membuat shock! Bila ingin memutasikan alamat paspor harus dilakukan pada alamat KTP domisili, dalam artian karena alamat domisili KTP saya Yogya, maka saya harus melakukannya di Yogya...*Duuerr!* Saya sempat menanyakan pada petugas, “apakah tidak bisa dilakukan di tempat saya membuat paspor?” Si petugas menjawab “oh tidak bisa, itu harus dilakukan sesuai dengan alamat domisilinya di KTP”

Okeh....dengan sedikit panik, saya kemudian keluar kantor imigrasi dan berfikir masa iya harus ke Yogya? Namun kemudian setelah saya menelepon ayah saya di Yogya, beliau mengatakan “ya sudah kirim saja berkas-berkas yang diperlukan, nanti papa mutasikan alamat paspormu di imigrasi Yogya” Ohhh....!!! kenapa daritadi tidak terpikirkan hal itu yaa... *mungkin karena saya terlalu panik* ^^’

            D. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (Hanya bila  masih mahasiswa)
-          Karena saya sudah bekerja, maka saya melampirkan Surat Keterangan Bekerja dari kantor (saya juga melampirkan fotokopi ID Card kantor). Saran saya apabila sudah bekerja sebaiknya lampirkan Surat Bekerja, karena dengan Surat Keterangan Kerja, kita dianggap masih punya tanggung jawab yang harus diselesaikan dan dipastikan akan kembali ke Indonesia.

            E. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
-          Lampirkan juga semua berkas-berkas tentang tiket pp, tempat menginap (alamat & nomor telepon penginapan). Pihak kedubes akan melihat kapan kita datang ke Jepang & pulang kembali ke Indonesia serta dimana kita akan menginap. Selama berkas-berkas ini lengkap dan jelas, proses visa akan mudah
 
             F. Jadwal perjalanan (form nya dapat didownload di website kedubes Jepang) (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar jepang)
-          Siapkan itinerary perjalanan selama ke Jepang! form nya bisa didownload di website kedubes Jepang. Itinerary nya tidak usah terlalu detail, cukup tempat-tempat mana saja yang akan kita kunjungi di Jepang, sebagai contoh berikut itinerary yang saya ajukan ke kedubes Jepang:


(contoh itinerary)
Saya dan teman membuat 2 itinerary yang berbeda, yang contoh diatas adalah yang untuk diajukan ke Kedubes. Selain itu kami membuat itinerary lain yang lebih rinci yang akan digunakan saat di jepang.

           G. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dsb (Bila pemohon lebih dari satu)
-          Apabila pemohon sudah menikah & punya anak, kemudian istri & anak dibawa maka lampirkan bukti-bukti seperti KK, akta lahir, dsb. Apabila pemohon masih single bukti-bukti ini tidak perlu dilampirkan.
    
     H. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
      Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya:
    *Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

      >Lampirkan juga bukti tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir. Memang tidak ada keterangan berapa  minimal saldo tabungan, namun bukti tabungan perlu dilampirkan untuk memastikan agar kita tidak "menggelandang" atau mencari kerja di sana.

     Bagi Pemohon yang bekerja sebagai PNS atau bekerja di perusahaan BUMN atau perusahaan Joint Venture Jepang-Indonesia (informasi lengkap: website kedubes Jepang-informasi visa) terdapat catatan khusus bahwa Pemohon tersebut tidak perlu melampirkan bukti tabungan atau rekening koran, namun untuk jaga-jaga sebaiknya kita bawa juga fotokopi bukti tabungan atau rekening koran karena apabila diperlukan oleh pihak kedubes, dokumen tersebut akan diminta untuk melengkapi atau membuktikan hal tersebut.

      Karena saya bekerja di perusahaan BUMN, suami saya dan teman bekerja sebagai PNS, maka saat pengajuan visa kami tidak melampirkan bukti tabungan/ rekening koran. Namun tetap saya bawa untuk jaga-jaga. Setelah berkas-berkas tersebut lengkap, kemudian disusun sesuai urutan Huruf B s/d H sebelum diserahkan di loket. 

      Dalam hal pengajuan visa ini yang saya dengar bisa ditolak (visa kita ditolak). Saya kemudian googling untuk mencari informasi bagaimana visa ke Jepang bisa ditolak. Saya menemukan beberapa tulisan di blog tentang tips-tips agar visa ke jepang bisa lolos. Ternyata jumlah tabungan yang banyak juga tidak menjamin bahwa visa kita diterima. Yang pasti perhatikan betul-betul persyaratan yang diminta oleh kedubes Jepang (selalu update membaca informasi visa di website kedubes Jepang). Hal detail sangat diperhatikan oleh pihak kedubes, jangan menganggap remeh persyaratan pengajuan visanya

    Saya membaca salah satu blog seseorang yang menceritakan tentang bagaimana visa nya ke Jepang bisa ditolak, meskipun tabungannya cukup banyak. Ternyata permasalahannya adalah Pasfoto. Blogger tersebut tidak membuat Pasfoto di studio foto melainkan foto sendiri dengan background tembok putih & warna temboknya agak buram. Hal tersebut yang membuat visa yang bersangkutan ditolak oleh kedubes Jepang. Maka saran saya sebaiknya buat pasfoto di studio foto saja. 

      Perhatikan juga itinerary kita ke Jepang dengan tabungan yang kita punya. Jangan sampai kita membuat itinerary perjalanan ke Jepang budget nya melebihi tabungan & hal inilah yang bisa membuat visa kita ditolak. Asumsikan saja, sehari di Jepang kita membutuhkan 1 juta rupiah. Jangan sampai kita membuat itinerary perjalanan ke berbagai tempat di jepang, misal kita punya tabungan 4 juta rupiah, tapi di itineray kita menuliskan banyak tempat/kota yang ingin kita datangi. Apabila budget tabungan sedikit tidak masuk akal dengan itinerary kita ke Jepang, maka hal tersebut bisa membuat visa kita ditolak. Buatlah itinerary yang masuk akal dengan jumlah tabungan kita. 

      Saat kita ke Jepang, di pesawat kita akan diberikan kertas yang harus diisi & pada kertas tersebut disebutkan berapa jumlah uang (yen) yang kita bawa saat itu, berapa lama kita berada di jepang, serta dimana kita menginap.

      Saat saya mengajukan visa ke kedubes Jepang, cukup membuat dagdigdug juga, ada rasa khawatir apabila visa ditolak. Kalau ditolak, maka akan sia-sia tiket pesawat & penginapan yang sudah dibeli   T__T     
      sebaiknya sebelum kita mengajukan visa, untuk pemesanan penginapan booking-lah tempat penginapan yang bisa membayar DP terlebih dahulu, jangan yang full payment. Karena apabila visa kita ditolak maka kita tidak terlalu rugi karena hanya membayar DP saja. Namun untuk tiket pesawat sebaiknya diikhlaskan saja ^^’ 

      Selama berkas/dokumen kita lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ada di website kedubes Jepang, jangan khawatir pengajuan visa kita tidak akan ditolak. 
      Visa Jepang hanya berlaku tiga bulan sejak pertama kali kita mengajukan. Misal kita akan berangkat Ke Jepang Bulan Mei, sebaiknya kita mengajukan visa sebulan sebelumnya. Dan jangan pula mengajukan visa secara dadakan, hal tersebut mengantisipasi apabila terdapat kekurangan dokumen kita masih bisa mempersiapkannya. Setau saya, apabila visa ditolak kita dapat mengajukan ulang namun tidak dalam jangka waktu dekat, karena itu jangan mengajukan visa secara dadakan.

      Setelah berkas/dokumen saya dan suami lengkap, kami pergi ke kedubes Jepang untuk mengajukan visa. Teman kami sudah mengajukan terlebih dahulu & alhamdulillah visa nya diterima/lolos ^^ saya menjadi optimis visa kami juga akan lolos. Sampai di loket, petugas sempat menanyakan alamat paspor saya yang berbeda dengan alamat domisili KTP. Saya sampaikan bahwa saya sudah melakukan endorsement/ mutasi alamat. Setelah proses di loket selesai petugas memberikan secarik kertas untuk pengambilan visa. Visa dapat diambil setelah 4 hari kerja (minimal 4 hari kerja). Setelah visa diajukan, selanjutnya banyak-banyaklah berdoa agar pengajuan visa diterima ^^
  
      Kemudian setelah sekitar 4 hari kerja, saya dan suami kembali ke kedubes Jepang untuk mengambil visa & alhadulillah akhirnya pengajuan visa kami diterima, yeaaay!! Finally..Japan! here i come...!!!! (>0<)/

(Japan Visa)

*      *Dikarenakan alasan tertentu, mohon maaf apabila foto dan beberpa bagian disensor, hehe :)

      Berdasarkan pengalaman saya, pengajuan visa Jepang tidak sulit kok, tidak seperti yang saya bayangkan bahwa katanya sulit, butuh minimal tabungan, dst... berikut tips dari saya apabila ingin mengajukan visa Jepang:

         TIPS MENGAJUKAN VISA JEPANG
  1.       Banyak-banyaklah mencari informasi di internet tentang pengajuan visa ke Jepang. Banyak tulisan di blog orang yang sangat membantu dalam pengajuan visa saya ke Jepang.
  2.       Ikuti semua aturan persyaratan pengajuan visa Jepang di website Kedubes Jepang, rajin-rajinlah mengecek informasi visa pada website tersebut (Perhatikan wilayah yuridikasi!)
  3.       Perhatikan tabungan dengan budget itinerary perjalanan Ke Jepang. Sesuaikan tabungan kita dengan itinerary, asumsikan saja sehari di Jepang kita membutuhkan 1 juta rupiah. Jangan membuat itinerary yang tidak masuk akal dengan budgetnya. (catatan: tidak ada tabungan minimal harus berapa, yang penting sesuaikan saja dengan budet itinerary kita)
  4.       Banyak-banyaklah berdoa.  
        well....itulah tips pengajuan visa dari saya, semoga bermanfaat (^.^)







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                






3 comments:

Enge said...

Maaf sist, mau tanya syarat mutasi alamat passportnya apa aja ya? Jadi benar bisa diwakilkan ya?
Kemudian di saat pengajuan visa, bukti bahwa kita telah mutasi alamatnya apa?
Apakah passport diganti baru atau tidak?
Trims sist

Obat Pelangsing Badan Herbal Alami said...

terima kasih informasinya sob, begitu menarik

Obat Tradisional Kanker Payudara yang Alami Ampuh said...

nice sob