Sunday, March 9, 2008

Robot di Jepang

Jepang terkenal dengan negara yg memiliki teknologi canggih. Salah satu teknologi yg dibuat oleh negri sakura ini adalah Robot. masyarakat jepang secara umu memiliki antusias yg tinggi terhadap robot. Robot mulai dikembangkan di Jepang pada tahun 1973, oleh seorang profesor Universitas Waseda bernama Ichiro Kato. Ada beberapa jenis robot yang dikembangkan di Jepang, antara lain :

1. AIBO : sapa yg tidak kenal dengan robot anjing yang lucu ini. AIBO (Artificial Intelligence Robot) adalah salah satu dari beberapa jenis hewan robotik yang dirancang & dibuat oleh Sony pada tahun 1999. AIBO memiliki kemampuan untuk berkembang dari tahapan anak anjing sampai anjing dewasa yang dapat mengerti 100 perintah suara. AIBO jg mampu berjalan, mengenali lingkungan sekitar, dan mengenali perintah dengan menginstall software khusus bernama AIBO ware.



2. Asimo : Asimo merupakan robot humanoid yang dibuat oleh Honda Motor Company. Tingginya 130cm berat 54 kg, bentuknya menyerupai astronot kecil yang membawa backpack dan bisa berjalan dengan dua kaki dengan kecepatan 6 km/jam. Nama Asimo merupakan akronim dari Advance Step Innovative Mobility. Asimo mampu mengenali objek bergerak dengan kamera yang terdapat di kepalanya. Asimo jg dapat memberi respon bila namanya dipanggil, menatap wajah orang yang sedang mengajaknya bicara, dan dapat mengenali wajah seseorang. Asimo dapat mengenali kira-kira 10 wajah yang sudah didaftarkan dan dapat pula memanggil nama mereka. selain itu, dengan mengases internet, Asimo bisa memberikan informasi berupa berita atau prakiraan cuaca hari ini.



3. Actroid : Actroid adalah robot humanoid dengan tampilan mneyerupai manusia yang sesungguhnya. Actroid dikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd. Biasanya penampilan robot ini dibuat menyerupai wanita muda keturunan jepang. Actroid adalah contoh pelopor untuk mesin nyata yang mirip Android atau gynoid dalam fiksi ilmiah. Actroid mampu berekspresi seperti mengedipkan mata, berbicara dan bernafas. Kulit Actroid terbuat dari silikon dan tampak menyerupai kulit manusia asli. Ada 47 sensor penggerak yang dipasang dibagian tubuh atas Actroid, sehingga mampu bereaksi secara alamiah seperti manusia. Namun, pergerakan tubuh di bagian bawahnya masih terbatas.



4. Wakamaru : Wakamaru adalah robot buatan Mitsubishi Heavy Industries yang diciptakan sebagai rekan untuk manula dan penyandang cacat. Robot ini berwarna kuning, dengan tinggi 1 m, dan berat 30 kg. memiliki dua buah tangan dan dasar yang datar berbentuk bulat dengan diameter 45 cm. Wakamaru dijalankan dengan Linux operating system pada multiple microprossesors. Bisa dihubungkan dengan jaringan internet dan memiliki kemampuan bicara yang terbatas. (Source : Animonster magazine)





No comments: