Monday, December 29, 2008

Cosplay

Mungkin bagi sebagian orang, kata “cosplay” masih terdengar asing, namun bagi para penggemar atau fanatic jepang2an pasti tau apa itu cosplay. Cosplay berasal dari singkatan costume (kostum) dan play. Kostum disini maksudnya adalah kostum dari anime (Japanese animation),manga(komik),game, tokusatsu, gothic-lolita,dan lain2. Jadi seseorang memakai kostum yang sesuai dengan karakter anime, komik, game, dll. Yang disukai. Dan ”play” disini maksudnya, orang yang memakai kostum karakter anime, game, dll tersebut harus bisa memainkan peran dari karakter atau berakting memerankan karakter anime,game,dst tersebut (jadi apa yang ada di dunia animasi ditampilkan di dunia nyata). Misalnya saja, orang tersebut menyukai karakter anime ”kenshin-samurai x”, maka ia akan memakai kostum ala kenshin dan memerankan peran sebagai kenshin himura. Orang yang memakai kostum disebut sebagai cosplayer.
Cosplay diperkenalkan pertama kali di jepang oleh seseorang bernama Nov Takahashi. Yang mana pada awalnya ia tertarik melihat kontes kostum di Los Angeles,USA pada tahun 1984 (sumber: animonster). Event cosplay ini tidak hanya ada di jepang saja, bagi penggemar kebudayaan jepang yang ada di seluruh dunia jg mengadakan event ini. Di Indonesia jg sudah byk event cosplay yang diselenggarakan, bahkan di Jogja pun banyak komunitas pencinta jepang yang selalu mengadakan event cosplay. Event cosplay ini biasanya dilombakan, dan yang menjadi kriteria adalah penghayatan peran karakter serta kostum yang dibuat (bila membuat sendiri,apalagi dibuat dengan tingkat kesulitan tinggi,maka ada nilai tambahnya). Cosplay tidak hanya kostum yang berasal dari anime,game,atau tokusatsu saja, tapi bisa juga membuat kostum karakter original (yang tidak ada pada anime, game, ataupun tokusatsu). Kostum gothic-lolita juga banyak dipakai untuk event cosplay. Karakter pada anime biasanya juga ada yang memakai kostum gothic-lolita, seperti karakter ”chii” pada anime chobits. Di jepang sendiri gothic-lolita ini sangat populer dikalangan anak muda. Gothic-lolita merupakan mode pakaian eropa di jaman dahulu, yang identik dengan baju yang berenda-renda bergaya victorian. Untuk gothic biasanya bernuansa hitam-hitam, dan lolita bernuansa cerah.
Event cosplay ini sangat menarik, kita juga bisa berfoto bersama para cosplayer dengan kostum karakter anime, game, tokusatsu,dll yang kita sukai. Hmmm..untuk urusan kreativitas Jepang emang ga da matinyaa...^^


(*Saya&Rin:Fuu&Hikaru"magic knight rayearth")




(*Yuu,Rin,Saya:gothic,original,otonashi saya-blood+)





(*Saya: Ion Fortuna "trinity blood")





(*karakter tokusatsu)




*Thanks bwt Rin,Saya otonashi,&Lee for the pic ^^
jd pengen cosuu lagii...

2 comments:

Genkina Tenshi said...

Yuu chan tambah lagi foto kami yeaaaa XDDDDD


Minna, ayo cosuuuuu X0

Ndroz said...

bagi dunk.. customnya Lion Maru...